NEWTOWNRRT – Gula, meski memberikan rasa manis yang memuaskan, ketika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Banyak makanan, terutama yang diproses dan diproduksi secara komersial, memiliki kandungan gula yang tinggi. Berikut adalah beberapa makanan yang sering kali mengandung gula dalam jumlah besar.

  1. Minuman Manis
    Minuman ringan, jus buah kemasan, minuman energi, dan minuman olahraga seringkali mengandung gula tambahan dalam jumlah besar. Sebagai contoh, satu kaleng minuman ringan biasanya mengandung sekitar 10 sendok teh gula.
  2. Kue dan Biskuit
    Kue, biskuit, dan pastri sering kali dipenuhi dengan gula untuk menambah rasa manisnya. Selain itu, kandungan karbohidrat olahan yang tinggi juga dapat meningkatkan kadar gula darah.
  3. Sereal Sarapan
    Meskipun sering dianggap sebagai pilihan sarapan yang sehat, banyak sereal sarapan, terutama yang ditujukan untuk anak-anak, mengandung gula tambahan yang tinggi. Penting untuk membaca label nutrisi saat memilih sereal.
  4. Saus dan Dressing Salad
    Saus tomat, saus barbekyu, serta dressing salad seperti saus Thousand Island dapat mengandung gula tambahan yang cukup banyak. Menggunakan saus-saus ini secara berlebihan dapat meningkatkan asupan gula secara tidak disadari.
  5. Makanan Kaleng dan Makanan Beku
    Sup kaleng, sayuran kaleng, dan beberapa jenis makanan beku sering kali mempunyai tambahan gula untuk meningkatkan rasanya. Membaca label pada kemasan adalah cara yang baik untuk memeriksa kandungan gula.
  6. Yogurt Bertepung
    Meskipun yogurt dianggap sebagai pilihan yang sehat, banyak yogurt beraroma atau bertepung yang mengandung gula dalam jumlah besar. Alternatif yang lebih baik adalah yogurt Yunani atau yogurt alami yang tidak manis.
  7. Makanan ‘Diet’ atau ‘Rendah Lemak’
    Makanan yang dipromosikan sebagai “rendah lemak” sering kali memiliki gula tambahan untuk mengkompensasi hilangnya rasa yang disebabkan oleh pengurangan lemak.
  8. Snack Bar
    Banyak snack bar yang tampak sehat, termasuk bar granola dan bar energi, yang sebenarnya mengandung gula tambahan yang tinggi. Selalu periksa label nutrisi untuk mengetahui jumlah gula yang sebenarnya.

Penting untuk mengenali sumber gula dalam diet sehari-hari dan mengambil langkah untuk mengurangi konsumsinya. Mengganti makanan yang mengandung gula tinggi dengan buah segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan cara yang baik untuk membatasi asupan gula. Memilih untuk membaca label nutrisi dengan cermat dan membuat pilihan yang sadar dapat membatasi konsumsi gula tambahan dan mendukung gaya hidup yang lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *