NEWTOWNRRT – Mesir tidak hanya terkenal dengan piramid dan kekayaan sejarahnya, tetapi juga dengan kuliner yang lezat. Berikut adalah lima makanan khas Mesir yang menggambarkan kekayaan budaya dan selera lokal:

1. Ful Medames
Ful Medames adalah sarapan khas Mesir yang terbuat dari fava beans yang dimasak perlahan dalam pot tanah liat. Kacang-kacangan ini biasanya disajikan dengan minyak zaitun, perasan lemon, bawang, dan bumbu-bumbu seperti ketumbar atau jintan. Ful Medames adalah hidangan yang mengenyangkan dan sering dijadikan sebagai makanan pokok di meja makan Mesir.

2. Koshari
Koshari adalah hidangan yang menampilkan perpaduan unik antara pasta, nasi, lentil, bawang goreng, dan saus tomat yang pedas. Hidangan ini sering dianggap sebagai makanan rakyat Mesir dan ditemukan di hampir semua restoran dan kedai makanan cepat saji. Koshari menyajikan kompleksitas rasa dengan berbagai tekstur yang memuaskan.

3. Molokhia
Molokhia adalah sup hijau yang kaya akan rasa, dibuat dari daun jelatang Mesir yang dipotong halus dan dimasak bersama kaldu daging, biasanya ayam atau kelinci. Hidangan ini biasanya disajikan dengan roti atau nasi, dan dikenal karena tekstur kental dan bumbu yang kaya, seperti bawang putih dan ketumbar.

4. Ta’meya (Falafel Mesir)
Ta’meya, versi Mesir dari falafel, dibuat dengan menggunakan fava beans yang dihaluskan daripada chickpeas yang lebih umum ditemukan di Levant. Bumbu-bumbu seperti bawang, bawang putih, peterseli, dan ketumbar ditambahkan untuk menciptakan bola-bola yang gurih ini. Ta’meya biasanya disajikan dalam roti pita dengan salad dan saus tahini.

5. Umm Ali
Umm Ali adalah puding roti khas Mesir yang manis dan kaya akan rasa. Dibuat dari potongan roti puff, susu, gula, kacang, dan kismis, hidangan ini dipanggang dalam oven hingga berwarna keemasan. Umm Ali sering disajikan sebagai penutup yang sempurna setelah makan malam yang kenyang.

Penutup:
Kuliner Mesir adalah sebuah ekspresi dari sejarah panjang dan pertemuan berbagai budaya yang telah memberikan pengaruhnya. Dari kacang-kacangan yang sederhana hingga hidangan penutup yang kaya, setiap hidangan menawarkan wawasan ke dalam jiwa bangsa dan tradisi Mesir yang kaya. Bagi pengunjung dan pecinta kuliner, mencicipi makanan-makanan ini akan membawa pengalaman tak terlupakan dari negeri Piramida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *