NEWTOWNRRT – Kepulauan Bangka Belitung tidak hanya terkenal dengan pantainya yang mempesona, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Berikut adalah lima makanan khas Bangka Belitung yang menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memanjakan lidah.

  1. Mie Belitung
    Mie Belitung adalah hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung. Mie kuning tebal disajikan dengan kuah santan kental yang manis dan gurih, ditambah dengan topping seperti udang, cumi, tahu goreng, kerupuk, dan timun. Perpaduan rasa dan tekstur dalam satu mangkuk Mie Belitung menciptakan keharmonisan rasa yang khas.
  2. Gangan
    Gangan adalah sup ikan khas Bangka yang biasanya dibuat menggunakan ikan laut segar seperti ikan kakap atau ikan tenggiri. Kuahnya yang kuning berasal dari campuran kunyit, serai, dan asam kandis yang memberikan rasa asam dan segar. Gangan sering disajikan dengan nasi hangat dan menjadi makanan utama yang menggoda di meja makan.
  3. Lempah Kuning
    Mirip dengan gangan, Lempah Kuning adalah sup ikan tradisional yang kaya bumbu. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan segar lokal, yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan cabai, serta penambahan nanas untuk rasa asam alami. Hidangan ini menawarkan sensasi rasa yang kaya dan kompleks.
  4. Martabak Bangka
    Martabak Bangka mungkin terlihat mirip dengan martabak manis yang ada di daerah lain, tetapi memiliki ciri khas tersendiri. Teksturnya yang lebih tipis dan renyah dengan pilihan isian seperti keju, cokelat, atau kacang, membuat martabak ini menjadi camilan favorit yang lezat di Bangka Belitung.
  5. Sambal Belacan
    Sambal merupakan elemen penting dalam kuliner Indonesia, dan Bangka Belitung memiliki versi sambal yang unik yaitu Sambal Belacan. Terbuat dari campuran bahan seperti cabai, terasi, dan tomat yang diulek kasar, sambal ini memiliki aroma yang tajam dan rasa yang pedas. Sambal Belacan menjadi pelengkap yang sempurna untuk berbagai hidangan lokal.

Kuliner Bangka Belitung adalah cerminan dari kekayaan sumber daya alam dan warisan budaya yang dimilikinya. Dari mie khas yang manis hingga sup ikan yang segar, setiap hidangan memberikan cita rasa yang membedakan dan menarik bagi setiap penikmat kuliner. Tak heran, pengalaman bersantap di kepulauan ini sering kali menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *