NEWTOWNRRT – Banda Neira, yang terkenal sebagai bagian dari kepulauan rempah di Maluku, memiliki kekayaan kuliner yang dipengaruhi oleh berbagai budaya akibat perdagangan rempah-rempah. Berikut ini adalah lima makanan khas Banda Neira yang menawarkan cita rasa unik dan patut dicoba:

  1. Papeda
    Papeda adalah makanan tradisional yang terbuat dari sagu, dengan tekstur yang unik, kenyal, dan lengket. Makanan ini biasanya disajikan dengan ikan kuah kuning yang kaya rempah, membuatnya menjadi santapan yang mengenyangkan serta kaya nutrisi. Papeda adalah makanan pokok di Banda Neira yang menggambarkan kesederhanaan dan kekayaan alam setempat.
  2. Nasi Kuning Banda
    Varian nasi kuning di Banda Neira memiliki kekhasan tersendiri dengan penggunaan rempah-rempah seperti cengkeh dan pala, yang merupakan hasil bumi utama di kepulauan ini. Nasi kuning Banda biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam suwir, abon ikan, dan sambal goreng hati, serta kerupuk untuk menambah tekstur yang renyah.
  3. Kue Rangi
    Kue Rangi adalah jajanan pasar yang terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa yang dibakar di atas bara api. Kue ini memiliki rasa yang gurih dari kelapa dan tekstur yang renyah, cocok dijadikan sebagai camilan di sore hari. Kue Rangi merupakan representasi dari penggunaan kelapa yang melimpah di kepulauan Banda.
  4. Gulai Ikan
    Gulai Ikan di Banda Neira biasanya menggunakan ikan segar yang ditangkap langsung dari laut sekitar. Gulai ini memiliki cita rasa yang kaya dengan paduan santan dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan daun jeruk. Hidangan ini disajikan panas dan sering kali dijadikan makanan utama bersama dengan nasi hangat.
  5. Colo-colo
    Colo-colo adalah sambal khas Maluku yang juga populer di Banda Neira. Terbuat dari campuran tomat, cabai, bawang merah, dan kadang-kadang ditambahkan kecap manis atau air asam. Sambal ini biasa disajikan sebagai pelengkap dari berbagai hidangan laut, memberikan sensasi rasa yang pedas dan segar.

Kesimpulan:
Kuliner Banda Neira adalah perpaduan antara tradisi lokal dan pengaruh luar yang masuk melalui sejarah perdagangan rempah-rempah. Makanan-makanan khas ini tidak hanya memuaskan rasa lapar tetapi juga menawarkan pengalaman rasa yang kaya dan beragam. Dengan mencicipi kelima makanan tersebut, Anda akan merasakan bagaimana sejarah dan budaya Banda Neira terjalin dalam setiap suapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *