NEWTOWNRRT – System Of A Down (SOAD) merupaakan salah satu band paling inovatif di era modern musik metal. Dibentuk pada tahun 1994 di Glendale, California, band ini terdiri dari Serj Tankian (vokalis utama, keyboard), Daron Malakian (gitaris, vokal), Shavo Odadjian (bassis), dan John Dolmayan (drummer). Mereka terkenal dengan lirik yang berani, komposisi musik yang eksentrik, dan energi panggung yang tak tertandingi.

Asal Usul dan Latar Belakang:
Keempat anggota band adalah keturunan Armenia dan seringkali menyuarakan pandangan politik dan sosial mereka melalui musik, terutama mengenai genosida Armenia dan isu-isu keadilan sosial lainnya. Gaya musik mereka yang unik mencerminkan pengaruh beragam, dari metal, rock, dan punk hingga elemen musik tradisional Armenia.

Album dan Penerimaan:
Album perdana mereka, yang bertajuk sama dengan nama band, dirilis pada tahun 1998 dan menarik perhatian dengan single “Sugar” dan “Spiders”. Namun, adalah album kedua mereka, “Toxicity” (2001), yang melambungkan SOAD ke stratosfer rock dengan hits seperti “Chop Suey!”, “Toxicity”, dan “Aerials”. Album ini dipuji karena kemampuannya menggabungkan ritme yang cepat dan berat dengan melodi yang menarik dan lirik yang memprovokasi pikiran.

SOAD melanjutkan keberhasilan mereka dengan merilis “Steal This Album!” pada tahun 2002, sebuah kompilasi dari lagu-lagu yang tidak dirilis sebelumnya, yang diikuti oleh proyek ambisius pada tahun 2005, dua album “Mezmerize” dan “Hypnotize”, yang keduanya menerima pengakuan kritis dan komersial.

Pengaruh dan Aktivisme:
SOAD dikenal tidak hanya karena musiknya tetapi juga aktivisme anggota band. Mereka telah menggunakan platform mereka untuk mengadvokasi kesadaran tentang isu politik dan lingkungan, seperti dalam lagu “B.Y.O.B.” yang mengkritik perang dan militerisme.

Hiatus dan Reuni:
Setelah periode aktif yang penuh prestasi, band ini mengumumkan hiatus pada tahun 2006. Meskipun sempat vakum, mereka kembali bersatu pada tahun 2010 untuk konser-konser live dan terus melakukan tur secara sporadis. Pada tahun 2020, di tengah ketegangan politik di Armenia, SOAD merilis dua lagu baru, “Protect The Land” dan “Genocidal Humanoidz”, sebagai bentuk dukungan terhadap negara asal mereka.

Peninggalan dan Pengaruh:
SOAD meninggalkan jejak yang mendalam dalam musik rock dan metal dengan membawa elemen baru ke dalam genre tersebut. Mereka diakui tidak hanya untuk keunikan musik mereka tetapi juga untuk keberanian mereka dalam berbicara tentang isu-isu yang mereka percayai. Peninggalan mereka bertahan melalui penggemar setia dan pengaruh yang terus mereka miliki terhadap musisi baru.

System Of A Down terus menjadi simbol dari kekuatan musik sebagai alat ekspresi dan perubahan sosial. Mereka membuktikan bahwa band bisa sukses tanpa mengorbankan pesan atau integritas artistik mereka, dan musik mereka akan terus mempengaruhi generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *