NEWTOWNRRT – Sibolga, salah satu kota di pesisir barat Sumatera Utara, tidak hanya dikenal sebagai kota pelabuhan tetapi juga sebagai surga kuliner yang menyajikan hidangan-hidangan khas yang lezat. Berikut adalah lima makanan khas Sibolga yang patut dicicipi.

  1. Saksang
    Saksang adalah hidangan daging yang paling disegani di Sibolga. Biasanya terbuat dari daging babi atau kadang-kadang daging kerbau, yang dimasak dengan darah dan kelapa parut yang telah disangrai, memberikan cita rasa yang unik dan kaya. Rempah-rempah seperti andaliman dan daun jeruk purut menambah kekhasan aroma dan rasa yang menggigit ini.
  2. Gulai Ikan
    Kota pelabuhan seperti Sibolga tentu menawarkan hidangan laut sebagai kegemaran lokal. Gulai Ikan di Sibolga umumnya dibuat dengan ikan segar yang dimasak dalam kuah santan yang gurih dengan tambahan kunyit, serai, dan rempah lainnya yang membuatnya sangat aromatik dan menyegarkan.
  3. Naniura
    Naniura adalah sashimi ala Batak, di mana ikan mas segar diolah tanpa pemanasan. Ikan ini diasinkan dengan perasan jeruk nipis, dicampur dengan bumbu khas seperti andaliman dan jahe, serta disajikan mentah. Naniura menawarkan pengalaman rasa yang unik, dengan tekstur ikan yang lembut dan rasa asam pedas yang menyegarkan.
  4. Roti Ganda
    Roti Ganda merupakan salah satu camilan yang populer di Sibolga. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan biasanya diolesi dengan mentega dan taburan gula pasir. Roti Ganda sering dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi dan menjadi pilihan favorit untuk sarapan atau sekadar camilan ringan.
  5. Dali Ni Horbo
    Dali Ni Horbo adalah susu kerbau yang dikentalkan, mirip dengan yogurt. Hidangan ini biasa disajikan sebagai pendamping makanan khas Batak lainnya. Rasanya yang asam dan teksturnya yang kental membuat Dali Ni Horbo menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan berat dan berbumbu kuat.

Makanan-makanan ini tidak hanya menawarkan kelezatan yang memuaskan, tetapi juga menunjukkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner di Sibolga. Dari saksang yang kaya rempah hingga roti ganda yang manis, setiap hidangan adalah representasi dari sejarah dan kehidupan masyarakat Sibolga yang beragam. Jadi, saat berkunjung ke Sibolga, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan-hidangan autentik ini yang akan membawa Anda pada perjalanan kuliner yang tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *