NEWTOWNRRT –┬áCicada atau yang dikenal dengan nama tonggeret merupakan kelompok serangga yang terkenal karena siklus hidupnya yang unik dan nyanyian jantan yang khas. Mereka adalah bagian dari ordo Hemiptera, subordo Auchenorrhyncha, yang juga mencakup serangga seperti aphid dan planthopper.

Siklus Hidup Cicada

Cicada memiliki salah satu siklus hidup terpanjang di antara serangga. Beberapa spesies, dikenal sebagai cicada periode, dapat hidup di dalam tanah sebagai nimfa selama 13 atau bahkan 17 tahun. Selama masa ini, nimfa cicada akan menyerap sari-sari tanaman dan berkembang di bawah tanah. Setelah periode yang lama ini, nimfa akan keluar dari tanah, menempel pada permukaan vertikal, dan mengalami proses yang disebut ecdysis, yaitu pergantian kulit terakhir yang mengubahnya menjadi dewasa.

Nyanyian Cicada

Cicada dikenal karena nyanyian jantan yang sangat keras. Nyanyian ini digunakan untuk menarik betina selama musim kawin. Jantan memiliki alat khusus yang disebut tymbals di sisi abdomen mereka. Dengan mengontraksikan otot tymbals, mereka dapat menghasilkan suara yang dapat didengar hingga 1 mil jauhnya. Setiap spesies cicada memiliki nyanyian yang khas, memungkinkan betina untuk mengidentifikasi dan menemukan jantan dari spesies yang sama.

Peran Ekologis Cicada

Cicada memegang peran penting dalam ekosistem. Dengan munculnya secara massal, mereka menjadi sumber makanan yang melimpah bagi predator. Masa munculnya yang singkat dan dalam jumlah yang besar ini merupakan strategi untuk memastikan kelangsungan hidup spesiesnya, suatu fenomena yang disebut predator satiation.

Fenomena Brood X

Salah satu fenomena yang paling menakjubkan adalah munculnya cicada Brood X, sebuah kelompok cicada periode yang muncul setiap 17 tahun sekali. Fenomena ini sering menjadi sorotan karena jumlah cicada yang muncul secara serentak dalam jumlah yang sangat besar.

Ancaman Terhadap Cicada

Meskipun cicada memiliki siklus hidup yang menakjubkan, mereka juga menghadapi ancaman, baik alami maupun akibat aktivitas manusia. Penggunaan pestisida, kehilangan habitat, dan perubahan iklim dapat mempengaruhi populasi cicada.

Kesimpulan

Cicada adalah serangga yang menarik dengan keunikan tersendiri yang membuatnya menonjol di dunia serangga. Nyanyian mereka yang merdu mengiringi musim panas, dan siklus hidup mereka yang luar biasa menunjukkan keajaiban evolusi dan adaptasi. Mempelajari lebih lanjut tentang cicada tidak hanya menarik dari segi ilmiah tetapi juga penting untuk pemahaman yang lebih baik tentang keragaman hayati dan keseimbangan ekosistem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *